COMBLANG CINTA

PERAN MAK COMBLANG CINTA
APAKAH COMBLANG CINTA DIPERLUKAN?

Sendi-sendi cinta tidak hanya satu, tetapi ada beberapa faktor (lihat ulasan tentang "SENDI-SENDI CINTA"). Salah satu yang terpenting adalah masalah komunikasi. Dalam hal-hal tertentu, bisa saja dua orang sudah benar-benar saling mencintai, tapi komunikasi tidak berjalan dengan seutuhnya, sehingga yang terjadi adalah sebuah saling tunggu :
  • Pria merasa sudah cukup menyampaikan hasrat cintanya, tapi tidak bisa melihat jawaban cinta dari sang wanita
  • Sang wanita menanti-nanti tanda cinta dari Sang Pria, ia bertanya-tanya apakah mungkin Si Pria memang mencintainya atau ia hanya gede rasa (GR)
Bisa juga terjadi sesorang memang tidak punya keberanian atau kemampuan mengkomunikasikan cintanya dengan lawan jenis, sehingga ia selalu gagal mendapatkan cinta, dan menginginkan bantuan orang lain atau biro jodoh sebagai Mak Comblang.

Hal lain diperlukan bantuan pihak ketiga ialah, bila kedua pasangan sudah saling mencintai, namun ada pertentangan di antara kedua keluarga. Maka diperlukan dukungan orang lain yang bisa menghubungkan orang tua dengan orang tua, atau keluarga dengan keluarga.

Jadi secara prinsip Mak Comblang atau Biro jodoh bisa saja digunakan sebagai sarana untuk mengatasi hambatan komunikasi dalam percintaan. Tentunya tinggal, siapa Mak Comblang yang tepat dari tiap kasus.

Untuk Mak Comblang antara pria dan wanita yang tidak bisa membaca isyarat cinta satu sama lain, yang terbaik adalah seorang sahabat dari kedua belah pihak, yang bisa dipercaya dan dapat menjadi perantara komunikasi di antara keduanya. Ia bisa mengorek perasaan pria dan perasaan si wanita, mendamaikan bila ada pertentangan, dan membantu meyakinkan satu sama lain untuk saling bergerak maju memperjuangkan cinta mereka.

Untuk orang yang tidak bisa berkomunikasi tentang cinta, dan sulit untuk mendekati lawan jenis, biro jodoh adalah pilihan yang terbaik.

Dan bila dua pasangan saling mencintai, namun ada pertentangan keluarga yang tidak bisa mereka selesaikan, pilihan Mak Comblang terbaik adalah kerabat yang dihormati kedua belah pihak (kalau ada), atau Rohaniawan dari tempat ibadah.

No comments:

Post a Comment